Profil Instansi

Sejarah


Sejarah

Biro Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Bengkulu merupakan penggabungan dua biro di Sekretariat Daerah Provinsi Bengkulu yakni Biro Administrasi Pemerintahan Umum dan Biro Administrasi Kesra berdasarkan Peraturan Gubernur Bengkulu Nomor 39 Tahun 2016. Biro Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Bengkulu menjadi 3 (tiga) Bagian, yakni :

  1. Bagian Pemerintahan;
  2. Bagian Kepemudaan dan Olahraga, Pendidikan, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Keluarga Berencana dan Kebudayaan; dan
  3. Bagian Kerukunan Umat Beragama, Sosial, Kesehatan, Tenaga Kerja dan Transmigrasi.

Strategi yang diterapkan dalam meningkatkan kinerja pelayanan oleh Biro Pemerintahan Dan Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Bengkulu adalah melalui :

  1. Membangun Kepribadian Sumber Daya Aparatur Menuju Profesionalisme, Jujur Dan Kredibel.
  2. Memantapkan Fungsi Dan Peran Sekretariat Daerah Dalam Perumusan Kebijakan.
  3. Membangun Proses Dan Tahapan Dalam Pemberian Pelayanan Yang Cepat, Tepat, dan Efesien.

Motto :

Pemerintahan Yang Baik Mewujudkan Kesejahteraan Rakyat”.

Berdasarkan pedoman Motto tersebut, maka dalam pelaksanaan pemeritahan sehari-hari ditetapkan bahwa,

Visi Biro Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat adalah sebagai berikut :

Terwujudnya Penyelenggaraan Pemerintahan yang baik dan Peningkatan Kesejahteraan Rakyat demi terwujudnya Masyarakat yang Berakhlaqul Karimah”.

Tujuan akhir dari Penyelenggaraan Pemerintahan yang dilaksanakan adalah mewujudkan masyarakat yang sejahtera. Masyarakat yang sejahtera bukan hanya diukur dari terpenuhinya kebutuhan yang bersifat jasmaniah seperti terpenuhinya kebutuhan sehari-hari melainkan juga mencakup kebutuhan yang bersifat batiniah seperti rasa aman, kebersamaan dan cinta kasih, serta harga diri dan aktualisasi diri. Variabel sejahtera ditandai dengan indikator terus meningkatnya Kinerja Pemerintah serta meningkatnya pelayanan Prima demi mencapai Good Governance.

Misi Biro Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Bengkulu yakni:

  1. Merumuskan kebijakan dan menetapkan manajemen penyelenggaraan Pemerintah Daerah, kabupaten/Kota.
  2. Mewujudkan transformasi birokrasi berbasis Information and Technology (IT).
  3. Meningkatkan pelayanan pemerintahan untuk kepentingan masyarakat luas.
  4. Mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan yang semakin baik.
  5. Meningkatkan kualitas sumberdaya manusia dengan melaksanakan Program Pembinaan dan Pelatihan pada Lembaga Sosial Keagamaan.
  6. Meningkatkan Kesejahteraan Rakyat dengan mendorong atau memotivasi masyarakat untuk mempunyai Rasa Solidaritas dan Ikatan Sosial di Kalangan Masyarakat serta pembinaan Sumberdaya manusia.

ARSIP BERITA