BERITA

KPID Sosialisasikan Aturan Main Pilwakot bagi Lembaga Penyiaran.

Oleh : Taufik 16-04-2018

KPID sebagai lembaga yg mengawasi lembaga penyiaran (LP) yg ada di Bengkulu senin sore (16/4) melakukan sosialisasi tentang “aturan main” bagi Lembaga penyiaran berkaitan dengan pilwakot, 2018. Sosialisasi dihadiri seluruh komisioner kecuali Ketua KPID, Ratim Nuh.  KPID menegaskan bahwa LP dilarang menayangkan iklan atau kegiatan kampanye diluar dari apa yg telah diatur dan di fasilitasi oleh KPU kota Bengkulu.

Ada 2 masa yg harus di cermat, yaitu masa kampanye dan masa tenang.

Pada masa kampanye LP wajib mengedepankan prinsip keberimbangan dan proporsionalitas dalam penyiaran pilwakot 2018. Baik dalam bentuk penayangan peserta sebagai narasumber maupun materi pemberitaan, kehadiran paslon sebagai bagian dalam program siaran. Selain itu setiap paslon dilarang sebagai pemeran Sandiwara seperti sinetron, drama, film atau bentuk lain. Paslon Dilarang sebagai pembawa acara.

Sedangkan pada masa tenang, LP dilarang menayangkan iklan kampanye yg dibiayai paslon, paslon dilarang sebagai pemeran iklan, dilarang menayangkan ucapan selamat dari paslon, dilarang menayangkan rekam jejak parpol atau gabungan parpol.  Sosialisasi ini  dihadiri 9 radio dan 2 televisi yang ada di kota Bengkulu.

Sosialisasi ini pada prinsipnya menegaskan apa yang menjadi kesepakatan tanggal 20 februari 2018 lalu, antara kesepakatan KPU, KPID, BAWASLU, Dewan Pers yg mengatur batasan sosialisasi Pilkada di Lembaga penyiaran.

Sumber:http://betvnews.com/kpid-sosialisasi-aturan-main-pilwakot-bagi-lembaga-penyiaran/

Share this :

ARSIP BERITA