BERITA

Festival Sastra Bengkulu (FSB) 2018, “Soekarno, Sastra dan Cinta”

Oleh : Meky 16-07-2018

Festival Sastra Bengkulu pertama bertema: “Soekarno, Sastra dan Cinta” diselenggarakan di Bumi Raflesia, Bengkulu dan dibuka Pelaksana Tugas Gubernur Bengkulu Dr H Rohidin Mersyah, MMA, Jumat (13/7/2018) malam.


#Festivalsastrabengkulu atau #FSB2018 adalah gerakan masyarakat, komunitas budaya dari segala sektor untuk mengembangkan literasi.


Pelaksana Tugas Gubernur Bengkulu Dr.Rohidin Mersyah mengatakan, kegiatan ini harus selalu mendapatkan tempat dalam berbagai kesempatan agar literasi tak saja hanya menjadi merek bagi pagelaran literasi dan punya tujuan mencerdaskan bangsa serta menjaga keutuhan negara melalui setiap tulisan. Acara ini digagas Musta Ismail, Willy Ana, Iwan Setiawan dan Pilo Poly.


Rohidin Mersyah mengatakan, secara wilayah, Bengkulu memang tidak luas. Namun, provinsi ini memiliki banyak kenangan dalam sejarah, bahkan internasional. Presiden pertama RI Soekarno, juga pernah diasingkan di daerah ini hingga menikah dengan gadis Bengkulu dan sekaligus ibu negara pertama Fatmawati. Ibu negara pertama ini dikenal sebagai penjahit bendera pusaka.

Ketua Panitia Willy Ana dalam laporannya mengatakan, FSB berhasil mendatangkan para penyair Indonesia dan luar negeri, di antaranya Sutardji Calzoum Bachri, Muhammad Alfarizie, Fakhrunnas MA Jabbar, Zulfaisal Putra, Rohani Din (Singapura), Husnu Abadi, Isbedy Stiawan ZS, Anwar Putra Bayu, J Kamal Farza, Zaim Rofiqi, Jumari HS, dan lain-lain.


Acara yang dipusatkan di Pendopo Gubernur (Gedung Daerah) Bengkulu ini, hari ini akan ada peluncuran buku puisi “Soekarno, Cinta dan Sastra” berikut pembacaan puisi oleh sejumlah sastawan, dan diskusi Sastra menghadirkan Sutardji Calzoum Bachri (Presiden Penyair Indonesia), Ahmadun Yosi Hervanda (Penyair/Mantan Redaktur Republika) dan FX Rudy Gunawan (Staf Ahli Kantor Staf Kepresidenan) sebagai pembicara.

baca selengkapnya :

http://beritakini.co/news/sastrawan-nusantara-dan-mancanegara-meriahkan-festival-sastra-bengkulu/index.html

https://www.republika.co.id/berita/gaya-hidup/trend/18/07/13/pbt28n374-festival-sastra-bengkulu-dibuka-malam-ini


Share this :

ARSIP BERITA